Bab I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam
era pembangunan dewasa ini mengalami perkembangan dan pertumbuhan penduduk yang
cukup pesat, menyebabkan manusia cenderung untuk meningkatkan kesejahteraan
hidupnya. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan sandang. Karena pada
hakekatnya kebutuhan sandang adalah kebutuhan yang diperlukan orang banyak. Sehinggga
dalam kondisi seperti ini dapat menjadi peluang bagi pengusaha untuk menyediakan
kebutuhan bagi konsumen untuk membeli
barang yang akan djual oleh pengusaha tersebut.
Dalam jangka panjang loyalitas pelanggan
menjadi tujuan bagi perencanaan
pasar
strategis, selain itu juga dijadikan dasar pengembangan keunggulan yang berkelanjutan, yaitu
berbagai keunggulan yang dapat direalisasikan melalui upayaupaya pemasaran. Dalam lingkungan
persaingan global yang semakin ketat dengan masuknya beberapa produk yang
inovatif ke pemasaran di satu sisi dan kondisi pasar yang semakin jenuh untuk
beberapa produk tertentu di sisi lain, menyebabkan tugas untuk mengelola
loyalitas pelanggan menjadi tantangan manajerial yang tidak ringan, kepergian
pelanggan merupakan salah satu kadar ukuran yang paling nyata didalam bisnis.
Strategi
bauran ritel apabila dapat dijalankan dengan baik oleh peritel maka akan berpengaruh
pada citra toko perusahaan ritel tersebut. Sehingga image perusahaan akan
menjadi bagus di mata masyarakat. (Masson, Mayor, F. Ezzel dalam Bob Foster
(2008:51)).
Kepergian pelanggan merupakan
pertanda yang paling mungkin, bahwa pelanggan melihat suatu aliran nilai yang
merosot dari suatu perusahaan. Suatukepergian yang meningkat, merupakan suatu
pertanda akan adanya pengurangan cash flow dari pelanggan kepada
perusahaan (meskipun perusahaan mampu mengganti pelanggan yang hilang), karena
untuk mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya dan pelanggan lama cenderung
memberikan cash flow serta keuntungan yang lebih besar dibandingkan
dengan pelanggan yang baru.
1.2
Perumusan
Masalah
Berdasarkan penjelasan di
atas, maka perumusam masalahnya ialah “Apakah
terdapat pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Usaha
Dagang AMER?”
1.3
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah,
tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan U.D. AMER.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar