Bab
IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
4.1 Keadaan Umum Responden
Pada pembahasan ini dilakukan analisis deskriptif terhadap
karakteristik responden, yaitu para pembeli yang meliputi jenis kelamin, umur, dan
pekerjaan. Analisis ini dilakukan di hari minggu 6 november 2011. Hasil
analisis karakteristik tersebut diharapkan dapat memberi gambaran tentang
keadaan responden.
NO
|
Identitas
|
Jumlah Responden
|
Persentase
|
1
|
Jenis Kelamin
|
||
Pria
|
10
|
41.66%
|
|
Wanita
|
14
|
58.33%
|
|
2
|
Umur
|
||
20-40
|
16
|
66.66%
|
|
40-60
|
8
|
33.33%
|
|
3
|
Pekerjaan
|
||
Pelajar
|
4
|
16.66
|
|
Pegawai
|
11
|
45.83%
|
|
Pedagang
|
9
|
37.5%
|
|
Dilihat dari jenis kelamin, pria
melakukan pembelian sebesar 41.66%, sedangkan wanita sebesar 58.33%. Hal ini
menggambarkan para wanita yang lebih cenderung melakukan pembelian terhadap
produk U.D. Amer.
Data umur 20-40 tahun yang lebih
banyak membeli di Toko Amer dengan persentase 66.66% dan ditunjang dengan 45.83% responden
berstatus sebagai pegawai. Dilihat dari pekerjaan pelanggan
tahu bakso lebih banyak pegawai dan pedagang, karena mungkin semakin tinggi kebutuhan
para pegawai serta tingginya system reseller terhadap para pedagang untuk dijual
lagi kepada konsumen lain di ruang lingkup yang berbeda.
4.2 Pembahasan
Loyalitas
pelanggan adalah kepuasan konsumen terhadap produk barang atau jasa yang telah
diberikan, sehingga konsumen condong melakukan pembelian ulang dan pada
akhirnya konsumen akan merekomendasikan kepada orang-orang sekitarnya (word
of mouth communication). Hal ini tentunya akan mempengaruhi jumlah
pelanggan dan reputasi serta laba yang besar dapat diraih. Selain itu loyalitas
pelanggan merupakan aspek penting untuk dapat bertahan dalam bisnis dan
memenangkan persaingan. Berdasarkan hal tersebut maka perusahaan dituntut untuk
senantiasa memperbaiki kualitas produk dan kualitas pelayanan untuk dapat
memuaskan pelanggannya
Bab
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
Kesimpulan
·
Secara bersama-sama kualitas
pelayanan dan kualitas produk signifikan dapat meningkatkan loyalitas pelangan U.D.
Amer
Saran
·
Kualitas pelayanan dapat
ditingkatkan melalui pelayanan prima, yang meliputi kecepatan, ketepatan dan
komunikasi antara penjual dan pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman. Hal
ini dapat juga sebagai sarana evaluasi pelayanan kepada konsumen.
·
Berdasarkan hasil wawancara
dengan pelanggan, diharapkan khususnya pada hari minggu atau hari libur dapat
ditambahkan stok produk guna meningkatkan pelayanan sehingga konsumen tidak
lama menunggu.dan tetap mendapatkan barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar