11/06/2010

Laporan Bencana Meletusnya Gunung Merapi

Merapi Terus Meletus

Sumber foto: yahoo
Yogyakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan data korban tewas dalam musibah meletusnya Gunung Merapi. Menurut data yang telah diselidiki di berbagai tempat di sekitar daerah bencana, jumlah total korban tewas Merapi mencapai 116 orang dan luka-luka mencapai 218 yang telah dirilis. Sementara itu, BNPB juga merilis jumlah total pengungsi Merapi hingga saat ini. Berdasarkan data BNPB, jumlah total pengungsi sebanyak 198 ribu.

Terkait posko penampungan para pengungsi, Syamsul Maarif Kepala BNPB mengakui, titik pengungsian memang selalu berubah karena disesuaikan dengan keadaan. Namun demikian, untuk penempatan di GOR Maguwoharjo, Syamsul menilai lokasi tersebut cukup untuk 30 ribu orang, yang penting para pengungsi dapat memenuhi kebutuhan layak dan tercukupi.

Ketua BNPB itu menuturkan, memang ada tawaran dari tempat lain, seperti dari individu atau lembaga, yang menawarkan halaman mereka sebagai tempat pengungsian, seperti kampus dan asrama haji. "Tentu itu bisa, kami hargai itikad baik itu," tuturnya.
Syamsul juga menambahkan, situasi Merapi saat ini tetap awas. Oleh karena itu anggota TNI dan Polri akan tetap melakukan patroli seperti biasa di titik-titik rawan untuk menanggulangi jika pengungsi naik dan jika ada erupsi lagi. Selanjutnya, untuk mempermudah arus informasi, pihaknya juga akan membangun sistem informasi terpusat, yang akan dibantu oleh relawan Forum Risiko Bencana sebanyak 380 orang.

Sumber: detikNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar