9/23/2011

Analisis Jurnal dari Review Jurnal Pertama


Judul               : Pemeriksaan Empiris Loyalitas Merek
Pengarang      : Jan Moller Jensen dan Torben Hansen
Tahun              : 2006
Tema               : Perilaku Konsumen

1.      Latar Belakang Masalah
  

  1.1   Dalam bidang pemasaran dan perilaku konsumen, salah satu faktor yang paling penting yaitu pilihan merek oleh konsumen sehingga membuat terciptanya konsep loyalitas merek yang menimbulkan niat yang besar oleh para kalangan praktisi dan akademisi dalam mengetahui pengaruh merek terhadap konsumsi dan Pentingnya sikap relatif terhadap penentuan loyalitas merek.  Dari pendekatan loyalitas merek dapat dikonseptualisasikan lebih seperti sikap atau niat untuk membeli dan diyakini bahwa peneliti dapat menyelidiki faktor-faktor loyalitas merek.

2.      Masalah

2.1       Bagaimana perusahaan memenuhi konsep loyalitas merek
2.2       Pendekatan apa saja yang digunakan dalam penentuan loyalitas merek

3.      Tujuan Penelitian

3.1       Untuk mengukur sikap relative sebagai faktor laten dua dimensi kedua order
3.2       Untuk menyelidiki hubungan antara sikap relative dan pengulangan pembelian


  
Metodologi :
• Konsep pengambilan data
Sebuah model konseptual dari konsistensi sikap perilaku dan loyalitas merek yang diusulkan dan diuji secara empiris dalam konteks barang- barang konsumen yang sering dibeli.
• Pengumpulan Data
o Survei loyalitas merek
Dikumpulkan di Odense kota ketiga terbesar di Denmark terletak di Pulau Funen. Random Sampling menggunakan direktori telepon Odense sekitar 600 telepon. Kuesioner didistribusikan kepada responden dengan menggunakan “drop-off-call-back” metode. Diselidiki 6 durable yaitu sampo, kertas toilet, kopi,cokelat,pasta gigi dan sabun cuci.Dibagi menjadi dua kuesioner identik masing-masing terdiri dari tiga non durable.
• Model Penelitian
o Matematis
o Gambar

a.Model konseptual dan hipotesis riset
b.Tabel hasil faktor analisis

• Hasil dan Kesimpulan
Penelitian yang dilakukan untuk memperbesar hipotesis yang diajukan agar dapat meyakinkan pentingnya manajerial implikasi bagi peneliti konsumen dan manajer merek.  


• Saran
o Para pemasar harus mencoba untuk meningkatkan pembelian konsumen, misalnya mencoba berhubungan situasi konsumsi ke system nilai konsumen.
o Pemasar jelas harus membedakan merek mereka sendiri dan bersaing alternatif dengan mengatakan kepada konsumen mengapa dan bagaimana merek mereka lebih baik dibandingkan merek alternatif.
o Peneliti lain harus menguji model ini pada jenis pasar lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar