11/13/2011

Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Loyalitas Konsumen Dalam Penjualan U.D. AMER (Bab IV dan V)

Bab IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Keadaan Umum Responden

               Pada pembahasan ini dilakukan analisis deskriptif terhadap karakteristik responden, yaitu para pembeli yang meliputi jenis kelamin, umur, dan pekerjaan. Analisis ini dilakukan di hari minggu 6 november 2011. Hasil analisis karakteristik tersebut diharapkan dapat memberi gambaran tentang keadaan responden.


NO
Identitas
Jumlah Responden
Persentase
1
Jenis Kelamin



Pria
10
41.66%

Wanita

14
58.33%
2
Umur



20-40
16
66.66%

40-60
8
33.33%

3

Pekerjaan



Pelajar
4
16.66

Pegawai
11
45.83%

Pedagang
9
37.5%





                                                                                               
            Dilihat dari jenis kelamin, pria melakukan pembelian sebesar 41.66%, sedangkan wanita sebesar 58.33%. Hal ini menggambarkan para wanita yang lebih cenderung melakukan pembelian terhadap produk U.D. Amer.
            Data umur 20-40 tahun yang lebih banyak membeli di Toko Amer dengan persentase 66.66%  dan ditunjang dengan 45.83% responden berstatus sebagai pegawai. Dilihat dari pekerjaan pelanggan tahu bakso lebih banyak pegawai dan pedagang, karena mungkin semakin tinggi kebutuhan para pegawai serta tingginya system reseller terhadap para pedagang untuk dijual lagi kepada konsumen lain di ruang lingkup yang berbeda.

4.2 Pembahasan

            Loyalitas pelanggan adalah kepuasan konsumen terhadap produk barang atau jasa yang telah diberikan, sehingga konsumen condong melakukan pembelian ulang dan pada akhirnya konsumen akan merekomendasikan kepada orang-orang sekitarnya (word of mouth communication). Hal ini tentunya akan mempengaruhi jumlah pelanggan dan reputasi serta laba yang besar dapat diraih. Selain itu loyalitas pelanggan merupakan aspek penting untuk dapat bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan. Berdasarkan hal tersebut maka perusahaan dituntut untuk senantiasa memperbaiki kualitas produk dan kualitas pelayanan untuk dapat memuaskan pelanggannya


 
Bab V
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

·         Pelanggan U.D. Amer berdasarkan jenis kelamin terbanyak oleh jenis kelamin wanita yaitu mencapai 58.33%, berdasar umur terbanyak dari usia 20-40 yaitu mencapai 66.66%, berdasar pekerjaan terbanyak dari pegawai dan pedagang dengan masing-masing sebesar 45.83% dan 37.5%.
·         Secara bersama-sama kualitas pelayanan dan kualitas produk signifikan dapat meningkatkan loyalitas pelangan U.D. Amer


Saran

·         Kualitas pelayanan dapat ditingkatkan melalui pelayanan prima, yang meliputi kecepatan, ketepatan dan komunikasi antara penjual dan pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman. Hal ini dapat juga sebagai sarana evaluasi pelayanan kepada konsumen.
·         Berdasarkan hasil wawancara dengan pelanggan, diharapkan khususnya pada hari minggu atau hari libur dapat ditambahkan stok produk guna meningkatkan pelayanan sehingga konsumen tidak lama menunggu.dan tetap mendapatkan barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar