10/22/2011

Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Loyalitas Konsumen Dalam Penjualan U.D. AMER (Lanjutan III)

Bab III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Metode Pengumpulan Data

                Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan data primer dan data sekunder, data sekunder ialah data yang sudah tersedia dan bukan diusahakan sendiri oleh peneliti, untuk data sekunder bersumber dari Perusahaan U.D. AMER.

3.2 Teknik Pengambilan Data

Untuk teknik pengambilan data dilakukan penelitian yang menggunakan data primer dengan memberikan kueisoner untuk mendapatkan data adalah dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara tertulis kepada mahasiswa yaitu dalam bentuk kueisoner.

3.3 Variabel Penelitian dan Pengukuran Variabel

                Data yang dikumpulkan adalah data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan penjabaran variabel secara rinci, sebagai berikut :
            Kualitas Pelayanan, digunakan metode skoring berdasarkan Skala Likert dari jawaban
pertanyaan pada kuesioner, terbagi dalam 5 kriteria yang kemudian diterjemahkan dalam nilai, yaitu :
Sangat Puas (SP) dengan nilai Skor 5
Puas (P) dengan nilai Skor 4
Cukup Puas (CP) dengan nilai Skor 3
Tidak Puas (TP) dengan nilai Skor 2
Sangat Tidak Puas (STP) dengan nilai Skor 1
Pertanyaan pada Kualitas Pelayanan adalah 5 pertanyaan, dengan skor maksimal 5 x 5 = 25 dan skor minimal 5 x 1 = 5, sehingga didapatkan kisaran nilai 5 – 25. Demikian baik untuk Kualitas Produk maupun loyalitas pelanggan.

3.4 Populasi dan Sampel

                Populasi adalah jumlah keseluruhan populasi yang merupakan hasil pengukuran ataupun perhitungan secara kualitatif maupun kuantitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat – sifatnya.
                Untuk metode pengambilan sampel (responden) telah dilakukan secara acak terhadap pembeli yang datang langsung ke toko penjualan. Menurut pendapat Gay (1996), bahwa ukuran minimal sampel dapat diterima berdasarkan desain penelitian yang digunakan, yaitu populasi relatif kecil adalah 20 % dari populasi pelanggan, yaitu 150–200 pelanggan. Mengingat pelanggan yang datang tidak terlalu heterogen, maka ditetapkan jumlah responden yang akan diambil sebanyak 70 responden, hal ini dimaksudkan agar dapat menggambarkan karakteristik responden.
                Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan persamaan regresi linier berganda. Analisis kuantitatif yaitu analisis yang digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh dari pertanyaan yang memerlukan perhitungan statistik, sehingga analisis ini sering disebut dengan analisis statistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar