10/08/2011

Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Loyalitas Konsumen Dalam Penjualan U.D. AMER

Bab I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah

Dalam era pembangunan dewasa ini mengalami perkembangan dan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat, menyebabkan manusia cenderung untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan sandang. Karena pada hakekatnya kebutuhan sandang adalah kebutuhan yang diperlukan orang banyak. Sehinggga dalam kondisi seperti ini dapat menjadi peluang bagi pengusaha untuk menyediakan kebutuhan bagi konsumen untuk membeli  barang yang akan djual oleh pengusaha tersebut.

Dalam jangka panjang loyalitas pelanggan menjadi tujuan bagi perencanaan pasar strategis, selain itu juga dijadikan dasar pengembangan keunggulan yang berkelanjutan, yaitu berbagai keunggulan yang dapat direalisasikan melalui upayaupaya pemasaran. Dalam lingkungan persaingan global yang semakin ketat dengan masuknya beberapa produk yang inovatif ke pemasaran di satu sisi dan kondisi pasar yang semakin jenuh untuk beberapa produk tertentu di sisi lain, menyebabkan tugas untuk mengelola loyalitas pelanggan menjadi tantangan manajerial yang tidak ringan, kepergian pelanggan merupakan salah satu kadar ukuran yang paling nyata didalam bisnis.

Strategi bauran ritel apabila dapat dijalankan dengan baik oleh peritel maka akan berpengaruh pada citra toko perusahaan ritel tersebut. Sehingga image perusahaan akan menjadi bagus di mata masyarakat. (Masson, Mayor, F. Ezzel dalam Bob Foster (2008:51)).
Kepergian pelanggan merupakan pertanda yang paling mungkin, bahwa pelanggan melihat suatu aliran nilai yang merosot dari suatu perusahaan. Suatukepergian yang meningkat, merupakan suatu pertanda akan adanya pengurangan cash flow dari pelanggan kepada perusahaan (meskipun perusahaan mampu mengganti pelanggan yang hilang), karena untuk mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya dan pelanggan lama cenderung memberikan cash flow serta keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan pelanggan yang baru.

1.2  Perumusan Masalah

Berdasarkan penjelasan di atas,  maka perumusam masalahnya ialah “Apakah terdapat pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Usaha Dagang AMER?”

1.3  Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah  untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan U.D. AMER.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar