11/30/2012

CONTOH PROGRAM CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)


Sebelum membahas salah satu  perusahaan mana yang melakukan CSR, ada baiknya kita mengetahui apa defini dari CSR tersebut. Corporate Social Responsibility atau biasa disebut CSR ini adalah suatu program atau suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
Hal ini yang menjadi perhatian terbesar dari peran perusahaan dalam masyarakat telah ditingkatkan yaitu dengan peningkatan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masalah etika. Masalah seperti perusakan lingkungan, perlakuan tidak layak terhadap karyawan, dan cacat produksi yang mengakibatkan ketidak nyamanan ataupun bahaya bagi konsumen. Banyak pendukung CSR yang memisahkan CSR dari sumbangan sosial dan "perbuatan baik".
Kepedulian kepada masyarakat sekitar/relasi komunitas dapat diartikan sangat luas, namun secara singkat dapat dimengerti sebagai peningkatan partisipasi dan posisi organisasi di dalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya kemaslahatan bersama bagi organisasi dan komunitas. CSR bukanlah sekedar kegiatan amal, di mana CSR mengharuskan suatu perusahaan dalam pengambilan keputusannya agar dengan sungguh-sungguh memperhitungkan akibat terhadap seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) perusahaan, termasuk lingkungan hidup. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk membuat keseimbangan antara kepentingan beragam pemangku kepentingan eksternal dengan kepentingan pemegang saham, yang merupakan salah satu pemangku kepentingan internal.
Perusahaan PT. Djarum, perusahaan  rokok terbesar di Indonesia ini melakukan program CSR untuk meningkatkan citra perusahaan mereka dimata masyarakat guna menarik simpatik untuk menambah daya saing perusahaan. Perusahaan rokok ini habis-habisan melakukan CSR di bidang bulutangkis; mendirikan sekolah bulutangkis, Perkumpulan bulutangkis (PB Bulutangkis), membuat klub, memberikan beasiswa, dan rutin melakukan aneka lomba dan mensponsori berbagai acara bulutangkis baik nasional maupun internasional. PT Djarum sering menjadi sponsor turnamen bulutangkis, bahkan pernah mengadakan turnamen seperti Turnamen Bulutangkis Djarum Indonesia Open yang pernah diadakan belum lama ini di Istora senayan pada tanggal 12-17 Juni 2012 silam.
Analisis
Meski tak ada korelasi antara produk (rokok) dengan olahraga (prestasi), tapi orang dengan gampang bisa membaca aktivitas Djarum rersebut. Bulu tangkis adalah salah satu cabang olah raga yang menjadi kebanggaan Indonesia, yang sampai saat ini prestasinya masih punya pomor di dunia internasional.
Oleh karena itu dengan meminang olahraga Bulutangkis, PT.Djarum dapat meningkatkan citra dan reputasi perusahaan untuk menjadi perhatian masyarakat dengan melakukan kegiatan yang sosialisasi dengan melibatkan masyarakat banyak.

referensi : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar